PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Kabupaten Dairi

F.A.Q

SIP PPID adalah kependekan dari Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Aplikasi pengelolaan dan pelayanan informasi SIP PPID adalah sistem informasi yang dirancang untuk menjalankan pelayanan penyediaan informasi publik sesuai dengan amanat Undang Undang No 14 Tahun 2008 tentang Informasi publik dan PPID dapat memperolehnya tanpa biaya. Silahkan menghubungi info@sip-ppid.net untuk memperoleh dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi SIP PPID.

Secara prinsip siapapun dapat mengunduh informasi yang ada di Sipandu dan melakukan permintaan informasi kepada PPID dalam jaringan Sipandu. Sesuai Undang-Undang NO. 14 Tahun 2008 dan Peraturan Komisi Informasi No. 1 Tahun 2010, ada 3 jenis informasi yaitu informasi; Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala, Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta, dan Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat. Untuk informasi berkala dan serta merta dapat diunduh tanpa melakukan registrasi. Untuk informasi setiap saat, untuk mendapatkannya pemohon harus melakukan registrasi terlebih dahulu

Sipandu adalah jaringan pelayanan dan dokumentasi terpadu yang terbentuk secara otomatis bila PPID memanfaatkan Sistem Informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentadi (SIP PPID). Secara prinsip aplikasi SIP PPID dapat dimanfaatkan oleh PPID-PPID secara mudah dan implementasinya dilakukan secara cepat. Untuk aplikasi offline dapat diinstallkan melalui CD installer yang dapat diperoleh secara gratis.

TIDAK. PPID tidak dibebankan biaya apapun dan berapapun untuk mendapatkan aplikasi e-public. Termasuk aplikasi e-public versi website yang telah disetup dan dapat diakses dengan alamat akses sementara misalnya http://namadaerah.sip-ppid.net

Website http://namadaerah.sip-ppid.net harus dibuatkan domain name ppid di Cpanel namadaerah.go.id sehingga dapat diakses dengan alamat resmi pemerintah http://ppid.namadaerah.go.id. Perubahan domain name ini sesuai aturan Kementrian Komunikasi dan Informastika Republik Indonesia. Website dengan alamat resmi juga penting bagi publik untuk mengakses website yang resmi baik dari Komisi Informasi untuk kepentingan verifikasi pemeringkatan maupun pihak lain dengan kepentingan tersendiri.

Website http://namadaerah.sip-ppid.net atau nanti dengan perubahannya menjadi http://ppid.namadaerah.go.id adalah salah satu versi aplikasi e-public selain desktop. Website ini sekaligus berfungsi sebagai “PPID Online” dimana aktifitas pengumpulan informasi, pendokumentasian, publikasi dan pelayanan informasi dapat dilakukan secara independen. PPID Online ini juga mengkonsolidasikan seluruh proses pengumpulan informasi, pendokumentasian, publikasi dan pelayanan informasi yang dilakukan oleh seluruh PPID-PPID Pembantu dilingkungan Utama Daerah.

Ada 2 kemungkinan yang dapat dilakukan oleh PPID daerah:

  1. Tetap dengan tampilan website http://ppid.namadaerah.go.id yang ada saat ini dengan menambahkan fitur khusus untuk menghubungkannya dengan aplikasi e-public yang berisi menu pengelolaan dan pelayanan informasi seperti daftar informasi publik, permohonan informasi dan pelaporan layanan informasi.
  2. Merubah tampilan website menjadi http://ppid.namadaerah.go.id dengan tampilan sebagaimana yang telah disetup dalam http://namadaerah.sip-ppid.net. Perubahan ini dilakukan seandainya tampilan http://namadaerah.sip-ppid.net dianggap lebih baik dibanding tampilan website http://ppid.namadaerah.go.id yang ada saat ini

 

Aplikasi SIP-PPID hakekatnya adalah aplikasi pengelolaan dan pelayanan informasi yang terintegrasi dalam satu entitas PPID. Dengan demikian pengelolaan dan pelayanan informasi PPID Utama Daerah sendiri merupakan konsolidasi dari aktifitas di PPID Pembantunya. PPID Pembantu dapat memanfaatkan e-public melalui akun yang telah dibuatkan terlebih dahulu oleh PPID Utama Daerah. Selanjutnya dengan akun ini PPID Pembantu dapat melakukan pengumpulan informasi, pendokumentasian, publikasi dan pelayanan informasi untuk lingkup PPID Pembantu yang bersangkutan baik secara online maupun offline.

DAPAT. Aplikasi SIP PPID terdiri atas aplikasi online (website) dan offline dimana keduanya berjalan terintegrasi. Aplikasi offline dapat dimanfaatkan oleh PPID Pembantu bila tidak memiliki akses internet yang baik. Untuk kegiatan pengumpulan informasi, pendokumentasian, publikasi dan pelayanan informasi dapat dilakukan secara offline yang tidak membutuhkan akses internet. Untuk sinkornisasi proses-proses yang dilakukan PPID Pembantu secara offline ini ke PPID Utama dilakukan melalui menu “sinkronisasi” yang ada aplikasi offline dengan membutuhkan akses internet 5-30 detik saja.

Untuk akses PPID Pembantu ke SIP PPID secara offline demikian tetap membutuhkan akun yang telah dibuat oleh PPID Utama Daerah.